Mendidik Anak Sesuai Fitrah



Bagi orang tua, mendidik anak itu tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan yang memadai tentang pengasuhan anak. Demikianlah yang disampaikan oleh Ummi Vida Rabi'ah Al Adawiyah saat membuka sesi Parenting Class di KB Seroja pada 23 Oktober 2019 lalu.

Tugas utama orang tua dalam mengasuh anak itu tidak sederhana. Seringkali orang tua merasa stress saat mengasuh anak. Agar tidak stress, orang tua perlu mengatur mindset bahwa anak adalah anugerah, bukan sebagai beban. Jika orang tua happy, anak akan ikut bahagia dan lebih mudah diatur. Managemen stress juga harus diterapkan untuk menjaga kesehatan mental. Selain itu, orang tua perlu memahami tahapan perkembangan anak.

Dalam mendidik anak usia 1-6 tahun, jangan terlalu memanjakan anak. Pemberian tanggung jawab perlu dilakukan meskipun dalam hal yang sederhana. Anak balita yang berusia 1-6 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 7 tahun. Orang tua perlu mendidik anak sesuai fitrahnya. Fitrah anak usia 1-6 tahun yaitu aktif dan suka bermain. Beri waktu bermain secara interaktif dengan orang tua dan keluarga. Dengan cara itulah anak-anak belajar. Masa usia ini juga erat dengan masa egosentris (sifat ke-aku-an dan tidak mau berbagi). Ketika di usia 1-6 tahun ini kebutuhan egosentris terpenuhi, maka ketika dewasa anak tidak akan bersifat egois.


Fitrah anak berikutnya yaitu fitrah keimanan yang tinggi di usia 1-6 th. Di usia ini anak mudah untuk diajak dan diarahkan untuk mengenal agama. Belajar hafalan do'a dan surat pendek, serta pembiasaan bangun pagi untuk sholat subuh bisa dilakukan.

Anak usia 1-6 th sedang dalam fase penyerapan, akalnya belum berkembang. Fasilitasi anak seluas-luasnya untuk mencoba pengalaman baru, misalnya ikut lomba (walaupun belum mahir), melihat binatang, coret-coret, dsb. Hal ini akan memperkaya pengalaman anak.

Orang tua tidak perlu memaksakan anak harus bisa begini dan begitu. Biarkan mereka berkembang sesuai fitrahnya, selagi orang tua mendampingi dengan sepenuh hati. Dan yang tidak kalah penting adalah berdo'a, meminta petunjuk dan perlindungan Allah SWT. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang sholih dan sholihah. Aamiin..

0 Komentar