Serunya Belajar Online


Homeschooling, sekolah non formal, dan beragam kegiatan belajar lain yang sejenis mulai dilirik sebagai alternatif pendidikan. Salah satunya PKBM SEROJA yang memfasilitasi masyarakat Surakarta untuk memenuhi pendidikan non formal dengan menyelenggarakan program kejar paket A, kejar paket B, dan kejar paket C. Alasan kejar paket begitu diminati adalah sifatnya yang lebih fleksibel dibanding sekolah formal dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan siswa.


Berbicara tentang cara belajar yang fleksibel, di era internet sekarang ini siswa semakin mudah mendapatkan materi belajar. Salah satunya melalui situs belajar online atau yang sering disebut sebagai MOOC (Massive Open Online Course). Di situs belajar online ini tersedia berbagai pilihan materi pelajaran dari kelas keterampilan hingga materi seperti di sekolah formal dan perguruan tinggi sehingga siswa dapat memilih kelasnya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.


Mayoritas situs belajar online atau MOOC memang tidak gratis, namun banyak di antaranya yang memberikan alternatif pilihan bagi para pencari ilmu dengan menawarkan potongan harga, hingga sistem “hanya bayar sertifikat” sehingga materi pelajaran masih dapat diakses dengan gratis. Berikut beberapa situs belajar online pilihan PKBM Seroja Kejar Paket Solo :


1. Duolingo
Situs ini menyediakan metode pembelajaran bahasa asing yang mudah diikuti. Materi disajikan dalam bentuk kuis dan terstruktur tiap levelnya. Selain melalui desktop, Duolingo juga dapat diakses via android. Bahasa situs dapat disesuaikan menjadi Bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami.


2. Coursera
Sebagai salah satu situs belajar online yang terpopuler, Coursera memberikan pengalaman belajar yang berbeda. Banyak materi pelajaran yang diberikan langsung oleh dosen-dosen universitas terkemuka di dunia. Di sini juga disediakan program belajar bersertifikat dengan pembayaran penuh atau belajar gratis tanpa sertifikat.


3. IndonesiaX
Salah satu pelopor MOOC dalam negeri, IndonesiaX juga menyajikan materi pembelajaran yang langsung diberikan oleh para pengajar universitas ternama dalam negeri. Dan materi pembelajaran ini dapat diakses secara gratis.


4. Arkademi
Arkademi menyediakan kelas yang gratis dan berbayar dengan harga terjangkau. Bahkan beberapa kelas gratis juga memberikan sertifikat cuma-cuma.


5. Kelas.com
Berbeda dari situs belajar online pada umumnya, di Kelas dot com kita dapat belajar langsung dari para praktisi tenar di bidangnya seperti kelas memasak dari Chef Juna dan fotografi dari RioMotret. Materi pembelajarannya disajikan secara premium dengan paket berlangganan yang terjangkau.


Itulah tadi beberapa situs untuk belajar online rekomendasi PKBM Seroja. Semoga bermanfaat dan teruslah belajar untuk meraih kebijaksanaan hingga akhir hayat.

0 Komentar