Peringatan Hari Anak Nasional 2020

Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli, diperingati secara berbeda pada tahun ini. Dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan anak-anak berkumpul dan merayakan Hari Anak Nasional bersama, dilakukanlah alternatif kegiatan dalam rangka perayaan tahunan ini.



Kementerian Sosial memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Anak Nasional, yaitu dengan video conference. Menteri Sosial, Juliari P. Batubara menyapa sekitar 8.000 Anak seluruh Indonesia yang mengikuti melalui video conference

Tema nasional HAN Tahun 2020 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Sub tema yang diusung oleh Kementerian Sosial RI adalah; Stop Kekerasan pada Anak, Pertemanan Positif dengan Teman Sebaya serta Anak Indonesia Sehat dan Gembira di Rumah.

Saat menyapa anak-anak, Mensos berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk menjauhi hal-hal buruk seperti rokok, pornografi, dan pergaulan yang tidak baik seperti genk motor. Selain itu beliau juga berpesan kepada anak-anak untuk selalu mematuhi nasihat orang tua.

Acara ini dimeriahkan oleh 73 anak penerima manfaat Balai/Loka Anak Kemensos dan 8.000 anak perwakilan dari seluruh Indonesia dengan berbagai latar belakang. Mulai dari anak komunitas adat terpencil, penyanyi jalanan, anak nelayan, anak pemulung, anak disabilitas hingga anak dengan HIV/AIDS.

Di akhir sapaannya, Mensos menyampaikan agar anak-anak tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

0 Komentar