Kajian Pengurus Seroja Bersama Ust. Hakim Tema : Salimul Aqidah

 




Alhamdulillah. Rabu, 15 Juni 2021 pukul 10.30 WIB Program Kajian Pengurus Lembaga PPAP Seroja terlaksana dengan baik, aman dan tetap dalam penerapan prokes. Sama seperti bulan sebelumnya, kajian pengurus diisi oleh Ust. Hakim dari Pesantren Ar Rayyan Jebres. Kajian yang berlangsung sejak pukul 10.30 hingga 12.00 tersebut bertema Salimul Aqidah.

Salimul Aqidah atau Aqidatus Salimah merupakan salah satu ciri kepribadian muslim yang paling utama. Salimul Aqidah artinya bersihnya aqidah dari sesuatu yang menjauhkan dirinya dari Allah SWT.

Dalam Q.S Al Anam ayat 162 yang artinya : 

Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Cara yang bisa ditempuh seorang muslim agar menjadi pribadi dengan Salimul Aqidah ialah dengan terus meyakinkan diri bahwa segala amal perbuatan dan ibadahnya hanya karena dan untuk Allah SWT. Sebab Aqidah Salimah itu memurnikan ketaatan kepada Allah SWT, sehingga segala niatnya lurus karena Allah dan hanya untuk Allah. Pun dalam lingkup kerja, seorang dengan kepribadian Salimul Aqidah akan percaya bahwa Allahlah yang Maha Mencukupi terlepas dari seberapapun gajinya. Dia akan tetap melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya sebab percaya bahwa karena perintah Allahlah dia bekerja . Dan bagi perempuan yang bekerja dia harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya : halal, tetap berpakaian syar'i, tidak menyalahi fitrahnya sebagai seorang perempuan serta dalam naungan ridho mahramnya.

Ketika seorang telah mencapai Salimul Aqidah ia tidak akan mudah mengkafirkan sesama muslim, tidak meminta berkat kepada selain Allah, dan akan senantiasa mengutamakan segala sesuatu dengan melibatkan Allah di dalamnya.

Adapun cara yang bisa ditempuh seorang mukmin untuk mencapai Salimul Aqidah :

  1.  Memurnikan niat karena Allah semata.
  2.  Mempelajari agama dengan baik, benar dan tuntas pada seorang murrobi yang aqidahnyapun lurus.
  3. Aqidah dibersihkan  dari segala kotoran hati yang mendekatkan diri pada sifat syirik.
  4.  Aqidah dikuatkan dengan iman, ilmu, dan amal sesuai al-quran dan sunnah.
  5. Mengokohkan diri dengan senantiasa berdzikir kepada Allah.

Dan semoga setiap ilmu yang telah diterima hari ini, bisa menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi. Pribadi yang terus menegakkan langkah perbaikan sembari mengajak sekitar mengamalkan kebaikan. Serta khusus untuk seluruh pengurus Lembaga PPAP Seroja semoga dikuatkan langkah di jalan ini, dikuatkan fisik dan hatinya dari deraan putus asa yang mungkin sering menyapa. Keep Hamasah! Fastabiqul Khoirot!

Barakallahulakum

0 Komentar