Parentips : Cara meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak


Alhamdulillah, meski masih dalam kondisi PPKM Minja masih diberikan nikmat sehat dan sempat untuk berbagi tips parenting kepada Bunda dan Yanda semua. Untuk parentips kali ini Minja akan sharing mengenai cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

Rasa Percaya Diri merupakan salah satu hal dasar yang dibutuhkan manusia untuk hidup bermasyarakat, dan hal tersebut baiknya kita tanamkan kepada ananda sedari kecil, pun senantiasa dipupuk agar rasa percaya diri ananda terus meningkat.

Berikut adalah lima cara meningkatkan rasa percaya diri pada ananda.

1. Bijaksana dalam pujian.

Kita sudah tidak asing lagi dengan pemberian pujian terhadap anak, memberikan pujian memang cara paling efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang, terlebih anak-anak yang memang pada fitrahnya senang dipuji/senang diperhatikan. Nah, maka berikanlah pujian secara bijak kepada anak.

2. Berikan kritik membangun.

Kritik yang dimaksud merupakan sebuah nasehat baik untuk ananda. Misalkan anak melakukan sebuah tindakan kurang terpuji, kita tidak boleh langsung menghakimi dengan kata nakal atau semacamnya. Tapi cukup sampaikan bahwa perbuatan tersebut kurang terpuji dan sampaikan pula bagaiman baiknya bersikap serta efek perbuatan tersebut pada orang lain/temannya.

3. Mintalah pendapat anak.

Hal tersebut dapat kita praktekan saat kita makan diluar bersama anak. saat memesan menu makanan di restoran. Biarkan anak memilih menu yang dia inginkan , dan minta anak untuk menjawab sendiri pertanyaan dari  pelayan yang menanyakan pesanan.



4. Kembangkan bakat anak.

Setiap anak pasti memiliki bakat, dan tugas orang tua ialah membersamai anak untuk menemukan bakatnya. Lantas jika ada lomba terkait hal yang disukai anak, bisa kita ikhtiarkan untuk ikut kegiatan tersebut, dukung annada untuk mencoba ikut lomba. Namun dengan catatn, jangan bebani annada untuk menjadi juara/pemenang. Cukup bekali anak dengan kalimat supporter “MaasyaAllah, kakak sudah berani mencoba ikut lomba, itu sudah hebat hlo. Sudah berani. Tadi senang ketemu banyak teman?”

5.Libatkan anak dalam kegiatan sosial.

Semakin banyak berinteraksi dengan orang lain, secara otomatis akan melatih rasa percaya dirinya. Berikan support kepada anak untuk mengikuti kegiatan yang dia suka. Berikan beberapa pilihan, trial, dan biarkan anak memilih. Ketika anak mengikuti  suatu kegiatan yang dia suka dan tidak terbebani, besar kemungkinan anak akan mencapai hasil maksimal dalam kegiatan tersebut.  

 MaasyaAllah, moment membersamai ananda tumbuh dan berkembang memang seru ya Bunda/Yanda, ada kalanya membersamai mereka begitu penuh suka cita, namun tidak sedikit moment mereka benar-benar menguji kesabaran kita. Semoga kita senantiasa diberikan kesabaran serta kesehatan untuk terus membersamai ananda tumbuh penuh cinta. Barakallahulakum. Semoga Allah mudahkan. ^^

0 Komentar