IDE BISNIS : Membuat Sampul Kain Flannel

Assalamu’alaikum Sahabat,

Jumpa lagi dengan Kamis Optimis, saatnya memikirkan bisnis. Alhamdulillah, kasus covid 19 sudah cukup mereda dan insya Allah Pembelajaran Tatap Muka akan terlaksana. Agar lebih bersemangat lagi saat bersekolah, yuk kita membuat sampul kain flannel yang unik dan bisa diberi nama kita. 


Sampul kain flannel ini juga bisa untuk menarik minat anak-anak agar senang menulis. Untuk mengembangkan daya kreativitas mereka, tidak ada salahnya mengajak untuk membuat sampul buku dengan variasi yang cantik, agar mereka semangat untuk menulis kisah-kisahnya semacam diary pribadi. Atau pun untuk membuat catatan ringkas tentang pelajaran mereka.

Buku yang kita gunakan ada baiknya adalah buku dengan sampul yang tebal, bisa berupa notebook kecil atau seukuran buku tulis biasa. Karena dengan sampul yang agak tebal akan membuat kreasi kita lebih kokoh dan seimbang. Kalau sampul bukunya terlalu tipis, ada kemungkinan beban menjadi tak seimbang.


Mari kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Kain flanel.
  2. Kertas dan pinsil untuk membuat pola.
  3. Benang sulam.
  4. Jarum jahit.
  5. Gunting.
  6. Lem.
  7. Notebook.

Cara Membuat :

  • Tentukan gambar sesuai kesukaan Sahabat. Di sini kita akan membuat gambar anak kecil berkerudung. Kemudian kita gambar polanya di atas selembar kertas, lalu kita gunting. 

  • Buat juga pola jilbab / kerudung kecil, pola baju, celana panjang, tangan, kaki dan sepatu.
  • Letakkan di atas kain flannel, lalu kita gunting kain dengan rapi mengikuti pola gambar.
  • Jangan lupa notebooknya juga kita ukur berapa panjang, lebar, dan tebalnya. Gunting flanel mengikuti ukuran notebook dengan melebihkan ukuran sekitar 0,5 cm masing-masing sisinya, untuk jahitannya nanti. Buat pula potongan kain berbentuk persegi panjang untuk sisi dalam sampul.
  • Letakkan potongan–potongan flanel yang berbentuk anak kecil berkerudung di atas sampul flannel, agar tidak berpindah-pindah gunakan sedikit lem di tengah-tengah untuk merekatkan pola kain di atas kain sampul, jahit sisi-sisinya dengan jahit festoon, bisa juga dengan cara tusuk jelujur, lakukan hingga selesai.
  • Berikan hiasan bros bunga di kerudung gadis kecil, serta hiasan di bajunya. Kamu juga boleh menggantinya dengan variasi lain yang lebih cantik, misal bros berbentuk kupu-kupu. Lalu memberikan variasi bunga atau manik-manik di bajunya.
  • Tahap akhir, kita sambungkan bagian sampul depan dengan sampul bagian dalam.

 Mudah bukan Sahabat, mari kita berkreasi ^^

Semoga bermanfaat. Barakallahfiik.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 Komentar