Kajian dan Penyaluran Santunan Rutin Program Kakak Asuh Bulan Mei 2022

 




Alhamdulillah telah terlaksana penyaluran santunan rutin program kakak asuh Seroja pada hari Ahad, 22 Mei 2022. Bertempat di Aula PAUD Baitul Ilmi Bibis.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan mengundang orangtua/wali dari 42 adik-adik yatim dhuafa binaan Seroja dan dilanjutkan kajian bersama Ustad Fakhrudin dengan tema “Menjadi Perempuan Pilihan Allah.”

Acara dibuka dengan basmallah dan pembacaan surat Al Fatihah kemudian sambutan Ketua Lembaga PPAP Seroja oleh Ibu Retno Heny Pujiati lalu kajian inti.

 

Tugas merawat anak adalah tanggung jawab suami dan istri. Maka bila salah satu pihak meninggal dunia, tugas akan dibebankan kepada istri atau suami. Meraat anak sendiri, tentu saja bukan hal yang mudah bahkan sangat berat jika dilakukan oleh seorang istri sendirian. Maka dari itu, jika perempuan tersebut berkenan untuk menikah kembali agar ada yang memberi nafkah sang ana hal itu diperbolehkan.

Namun, jika perempuan akhirnya memilih untuk tak menikah lagi dengan kesetiaannya kepada sang suami. Juga atas kekhawatirannya jika menikah lagi, perhatian kepada anak-anaknya akan berkurang. Saat itulah perjuangan seorang istri sebagai orangtua tunggal benar-benar diuji Allah SWT.

Apabila seorang perempuan atau istri yang mampu bertahan dalam siuasi seperti ini akan mendapat keutamaan di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadist riwayat ‘Auf bin Malik.

Rosulullah SAW bersabda,” Kelak pada hari kiamat aku bersama wanita yang kedua pipinya kehitam-hitaman (karena sibuk bekerja dan tidak sempat berhias) seperti ini – memberi isyarat dengan jari tengah dan jari telunjuk-.Yaitu seorang janda yang ditinggal mati oleh suaminya, mempunyai kedudukan dan berwajah cantik, ia menahan dirinya (tidak menikah) untuk merawat anak-anaknya hingga mereka dewasa atau meninggal.” (HR Abu Daud)

Oleh karenanya seorang istri yang memilih untuk tidak menikah lagi, dan menafkahi anak-anaknya dengan tangannya sendiri sampai dewasa atau dia meninggal, maka ia akan diberikan pahala yang besar dan kelak di surge akan di dekatkan dengan Rosulullah SAW sebagaimana terdapat dalam perumpamaan hadis di atas.

MaasyaAllah sebuah pengingat dan penyemangat dari Ustads Fakhrudin untuk seluruh hadirin khususnya orangtua/wali adik yatim dhuafa binaan seroja.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust Fakrudin.

Doa yang mencakup kebaikan dunia akherat untuk seluruh Donatur, Pengurus, serta adik adik Binaan Seroja dan seluruh umat muslim secara umum. Kemudian acara dilanjutkan  dengan Semaan dan Setor Hafalan adik-adik Binaan Seroja.

Sebagai penutupan agenda dilanjutkan dengan penyerahan santunan rutin.

Barakallahfiikum...

 


0 Komentar