Amazing Muharram : Idul Yatama

 

Tidak sedikit ayat Al-Quran maupun keterangan hadist menjelaskan tentang keutamaan bulan Muharram. Sebuah bulan pertama dalam kalender Hijriyah.

Muharram merupakan salah satu bulan suci dalam Islam yang memiliki banyak keutamaan amalan di dalamnya. Ada juga yang menyebutnya sebagai bulannya anak yatim. Bahkan pada tanggal 10 Muharram disebut dengan Idhul Yatama atau Lebaran Anak Yatim.

Sebuah hadist mempertegas kemuliaan amalan di bulan Muharram yatitu:     

“Barangsiapa berpuasa pada hari Asyura (tanggal 10) niscaya Allah akan berikan 10.000 pahala syuhada’. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah akan mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.” 

Lantas Mengapa Bulan Muharram di sebut sebagai Lebaran Anak Yatim?

Bulan Muharram adalah bulannya anak yatim. Mengapa bisa demikian? Sebab pada bulan ini banyak orang yang memberikan santunan dan perhatian lebih kepada mereka. Sehingga disebut sebagai Hari Raya Anak Yatim, sebab bulan tersebut benar-benar menggembirakan untuk mereka.

Dalam sebuah hadist dijelaskan:

Dari Anas ra, ia berkata, “ Rosulullah SAW datang ke Madinah dan mereka (orang Madinah) menjadikan dua hari raya dimana mereka bergembra.

Lalu Rosulullah SAW bertanya ,”Apa maksud dari dua hari ini?” Mereka menjawab.” Kami bisa bermain (bergembira) pada dua hari ini sejak zaman jahiliyah.”

Kemudian Rosulullah SAW bersabda :”Sesungguhnya Allah menggantikan untukmu dengan dua hari yang lebih baik dari padanya yaitu hari raya Adha dan hari Raya Fitri.” (QS Abu Daud: 1134)

Dari hadist diatas, hari raya hanya ada 2 yaitu Idul Adha dan Idul Fitri, namun momentum pada bulan Muharram dijadikan Idul yatama karena anjuran untuk menyantuni dan menyayangi anak yatim dengan lebih terutama pada bulan 10 Muharram.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Bulan

Muharram.

 

Bulan haram dimaknai sebagai moment pelipatgandaan amalan yang dikerjakan. Dengan kata lain, pahala akan dilipatgandakan bagi yang berbuat ketaatan dan begitu pun sebaliknya dosa yang dikerjakan pada bulan Muharram.

Hal tersebut dilandasi dari salah satu riwayat hadist yang diceritakan oleh Ibnu Abu Bakrah. Ia berkata, Rosulullah menyebut bulan Muharram sebagai salah satu bulan Haram di Kalender Hijriyah dan berkata, “Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian di semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatan kalian.” (HR Bukhari dan Muslim)

Lembaga Amanah Menyalurkan Santunan Rutin Kepada Anak Yatim, Dhuafa, dan Jalanan.

Lembaga PPAP Seroja masih membuka peluang bagi Sahabat untuk bergabung dalam Program Kakak Asuh Seroja (PROKAS) bagi adik yatim, dhuafa & jalanan. Masih ada 127 adik-adik yang belum mendapat santunan rutin.

Caranya klik link pendaftaran prokas.

Donasi minimal transfer 50.000 setiap bulan, lebih pun sangat dibolehkan.

Berikut alamat transfernya:

Top Up Gopay:

Nomor : 085226496460 an PPAP Seroja atau

Transfer ke Bank Mandiri

No Rek : 1380-007-814-53 an Lembaga PPAP Seroja

Konfirmasike nomor:

Admin 1: 0852-2649-6460

Admin 2 : 0852-2901-2002

Demikian penawaran emas ini. Semoga Allah mudahkan...                                                                                        

0 Komentar