Kajian Pengurus Lembaga PPAP Seroja bersama Ust Hakim: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Dalam Islam


Alhamdulillah pembinaan pengurus Seroja kembali dilaksanakan dalam bentuk kajian. Pembinaan berlangsung pada hari Kamis, 19 Agustus 2022 bertempat di Kantor Barat Seroja pada pukul 10.00 WIB. Mengangkat tema : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Dalam Islam berharap setiap pengurus lebih aware pada kesehatan mental masing-masing.

Kerap kita mendengar sebuah pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Ungkapan yang tidak salah namun kurang tepat. Sebab baiknya di dalam tubuh yang sehat mudah-mudahan terdapat jiwa yang kuat.

Dalam Islam memelihara kesehatan jiwa penting bagi Umat Muslim. Bahkan, Islampun sudah mengajarkan tentang kesehatan jiwa dalam ajarannya.

“Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah. (HR Muslim.)

Lantas bagaimanakan cara Islam untuk menjaga kesehatan mental?

Seorang muslim harus paham tentang cara menggapai jiwa yang tenang. Nah, dalam Al-Quran dan hadist itulah umat manusia dapat meraih petunjuk bagaimana cara untuk menjaga dan memelihara kesehatan mental menjadi lebih baik.

Beberapa cara dan ikhtiar agar kesehatan mental senantiasa terjaga :

1.      Senantiasa Mengingat Allah SWT

Seberat apapun masalah yang kita hadapi, jangan lupa untuk selalu melibatkan Allah SWT dalam setiap perjalanannya. Jangan hanya datang kepada Allah SWT ketika sedih saja, melainkan saat merasakan kebahagiaan juga harus melibatkan sang pencipta.

“Kenalilah Allah di waktu lapang, niscaya Allah akan mengenalimu ketika susah.” (HR Hakim Syaikh Al-Albani)

2.      Istiqomah

Istiqomah yang dimaksud bisa dilakukan melalui ibadah terus menerus, baik saat sedang dalam kondisi bahagia ataupun sedih.

Allah SWT berfirman dalam QS Fushilat ayat 30 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang mengatakan:” Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan :”Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih: dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”

Selain mengenal amalan-amalan yang dapat menjaga kesehatan mental kita, alangkah baiknya jika kita juga mengenal jenis-jenis sakit mental yang ada dilingkungan kita:

1.      Psikoneurosis merupakan gangguan mental berupa rasa cemas berlebihan. Gejala yang paling menonjol adalah kecemasan yang berlarut-larut dengan intensitas yang cukup kuat. Gejala lain berupa gejala psikis dan fisik. Gejala psikis antara lain rasa takut berlebihan, depresi, apatis dengan lingkungan, merasa tidak aman, ganguan percaya diri, merasa tidak mampu, suasana hati yang berubah-ubah, mudah tersinggung atau marah, kesedihan mendalam, kebingungan,berfikiran negative, suka menyendiri, dll.

 

2.      Histerys/Histeria merupakan gangguan kesehatan mental yang seringkali dianggap seperti orang kesurupan dan peluapan emosi berlebihan. Mereka bisa marah-marah hingga melakukan hal-hal berbahaya. Kondisi hysteria sering dikaitkan dengan penyakit disasosiatif dan somatoform yang bisa dialami oleh siapa saja. Gangguang disasosiatif merupakan ganggung psikologis yang melibatkan gangguan (disosiasi) dalam aspek kesadaran, termasuk identitas diri.

3.      Psikosis merupakan suatu ganggun mental yang ditandai dengan diskoneksi dari kenyataan. Psikosis dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit jiwa seperti skizofrenia. Dalam kasus lain kondisi ini dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan, obat-obatan, atau penggunaan narkoba. Gejala yang mungkin terjadi meliputi delusi, halusinasi, bicara tak jelas, dan agitasi. Orang dengan kondisi ini biasanya tidak menyadari perilakunya.

MaasyaAllah pencerahan sekali kajian kali ini. Banyak hal baru yang disampaikan Ust Hakim perihal kesehatan mental.

Barakallah fiikum Ustad…

 

0 Komentar