Penyaluran Progam Kakak Asuh Seroja dan Pelatihan Digital Marketing (Pembuatan Akun Tiktok) Bersama Mahasiswa UNISRI

 


Sabtu, 22 Juli 2023 Alhamdulillah telah dilaksanakan Penyaluran Santunan Rutin Program Kakak Asuh Seroja pada pukul 13.00 WIB.

Penyaluran santunan kali ini berbeda sebab ditemani oleh Kakak Mahasiswa UNISRI yang akan membekali adik-adik usia 15 -18 tahun dengan Program Kakak Asuh dengan keterampilan Digital Marketing. Sementara itu adik-adik usia 5 - 14 tahun tetap belajar membaca dan menghafal al Quran bersama Pengurus.

Digital marketing sendiri memiliki manfaat mengembangkan usaha/bisnis yang sedang dijalani agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Menguasai digital marketing zaman sekarang tentu saja bukan hanya soal mengikuti tren. Digital marketing bahkan bisa mempopulerkan usaha rumahan dengan lebih mudah sehingga mendorong tren berbisnis dari rumah.

Dalam laporan Think with Google (2019), pencarian “where to buy” dan “near me” telah meningkat sebanyak 200% hanya dalam waktu dua tahun. Kesimpulan ini diperoleh dari perbandingan antara U.S Google Data periode April 2016-2017 dan April 2018-2019. 


Apa Saja Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis?

1. Memulai Bisnis dengan Biaya Kecil

Jika kamu memulai bisnis secara tradisional, ada banyak yang harus dipikirkan. Selain bangunan dan perlengkapan, kamu harus menyiapkan ragam metode promosi fisik. Papan nama toko, spanduk, tumpukan brosur, dan poster bisa memakan cukup banyak biaya promosi. Ini belum termasuk upaya promosi lewat media seperti koran dan majalah. Berbagai hal ini sering membuat calon pebisnis mundur sebelum memulai usaha mereka.

Untuk mempromosikan produk dan jasa, Digital marketing dapat membantumu menghemat biaya dalam intensitas serta jangkauan pemasaran. Kamu bisa membuat akun media sosial atau blog gratisan untuk mempromosikan bisnis. Kamu tidak perlu membeli barang untuk modal dan bisa mulai sebagai reseller. Biaya iklan lewat media sosial populer seperti Facebook dan Instagram juga bisa disesuaikan dengan anggaranmu. Modalnya pemasarannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan memulai secara tradisional.

Intinya, cukup dengan koneksi internet dan ponsel atau laptop, kamu sudah bisa melakukan pemasaran. Memulai bisnis pun jadi lebih hemat tanpa mengurangi kekuatan jangkauan pemasaranmu.

2. Mudah Menjangkau Banyak Calon Konsumen

Semakin luas jangkauan promosi, semakin banyak calon konsumen yang bisa kamu jaring. Membagikan brosur atau memasang spanduk hanya akan menjaring orang-orang yang melihat atau menerimanya secara langsung. Digital marketing membuatmu mampu menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien.

Saat ini, ponsel dan akun media sosial hampir tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan pemasaran digital, kamu bisa langsung menjangkau ratusan dan bahkan ribuan orang dalam sehari. Cukup dengan satu postingan media sosial atau konten yang ditulis dengan baik, dan kamu bisa menjaring banyak calon konsumen bahkan tanpa keluar rumah!

Hebatnya lagi, dengan memanfaatkan digital marketing kamu bisa menjaring calon konsumen dari luar daerah. Hal ini memberimu kemudahan untuk mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas dari luar kota, provinsi, dan bahkan luar negeri. Kamu bahkan bisa melakukan ini tanpa menumpuk stok sendiri, misalnya sebagai reseller barang-barang tradisional yang diekspor ke pembeli atau kios luar negeri.

3. Mudah Beradaptasi dengan Tren Baru untuk Pemasaran

Sejak dunia memasuki dunia digital, masyarakat semakin mudah mengikuti beragam tren. Produk digital seperti media sosial, situs video, dan streaming menyebarkan beragam tren musik, film, meme, challenge, dan sebagainya. Semua ini memberi peluang besar buatmu untuk beriklan secara masif dan menjangkau calon konsumen yang gemar mengikuti tren digital.

Berbagai metode pemasaran yang memanfaatkan tren di dalam digital marketing juga bermunculan dengan cepat seperti email marketing, blog dengan konten menarik, tren atau malah menggunakan “orang biasa” sebagai model, video animasi kreatif, meme iklan, akun bisnis yang bahasanya personal atau humoris, hingga konten video. Jika kamu sudah mengadopsi , kamu akan mudah mendapat informasi tentang tren baru sekaligus mengadopsinya. Tujuan lain untuk mengadopsi metode digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan bisnis juga.

Segi positif lainnya? Kamu bisa melihat jenis produk yang sedang ngetren di populasi tertentu, misalnya makanan ringan, film, atau gaya berpakaian tertentu. Manfaatkan informasi ini untuk membuat bahasa pemasaran yang menarik.

4. Bisa Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat ternyata bukan hanya untuk menarik konsumen baru, tetapi juga menjaga loyalitas konsumen lama. Kok bisa?

Hal ini ternyata ada kaitannya dengan menciptakan kesetiaan pada merek (brand loyalty). Jika jenis bisnismu punya banyak saingan, kamu harus membuat konsumen datang berkali-kali ke produk atau jasamu. Media digital cocok untuk memasarkan bisnis dengan cara yang menarik minat konsumen dan menciptakan emosi positif setiap kali mereka membayangkan produkmu.

Misalnya, kamu bisa membuat postingan media sosial yang lucu atau kreatif, lalu menjadikannya daya tarik produkmu. Kamu juga bisa membagikan penawaran spesial yang hanya tersedia bagi pelanggan setia yang rajin berinteraksi di akun medsos bisnismu. Ketika banyak orang semakin akrab dengan profil bisnis atau merekmu, mereka akan lebih mudah mengingatmu ketika mencari produk atau jasa tertentu yang memang kamu tawarkan.

5. Sarana Tepat untuk Branding dan Membangun Reputasi

Cambridge Dictionary mendeskripsikan branding sebagai “kegiatan menghubungkan suatu produk dengan nama dan simbol tertentu agar dikenal orang”. Kamu bisa menggunakan sebagai sarana membangun merek, menarik perhatian, serta membuat bisnismu menonjol di tengah berbagai usaha serupa lainnya.

Caranya? Kamu bisa membuat beberapa akun media sosial dengan desain yang mencerminkan tema bisnismu. Gunakan gambar dan logo bisnis pada foto profil serta header. Buat postingan dengan gaya bahasa yang cocok dengan target pasar. Kamu juga bisa menggunakan media lain untuk memasarkan merekmu, misalnya video pendek yang lucu atau menarik dan menampilkan produkmu, lalu tampilkan di Instagram Reels atau YouTube.

Konten digital yang menarik seperti ini akan membuat orang lebih mudah menyebarkannya. Informasi tentang merek, produk, atau jasa yang kamu tawarkan pun tersebar dengan cepat bahkan hingga ke pengguna internet di daerah lain. Hal ini sulit kamu peroleh dengan pemasaran tradisional.

6. Memudahkan Pengumpulan Data dan Evaluasi Strategi

Akhirnya, setiap bisnis yang baik harus memiliki data dan hasil laporan sebagai bahan evaluasi. Pemasaran digital memudahkanmu mengumpulkan data secara otomatis. Hal ini karena alat pemasaran seperti akun media sosial dan situs bisnis memiliki sistem pencatatan data dan laporan (analytic). 

MaasyaAllah, banyak sekali ternyata manfaat yang didapat dari Digital Marketing. Semoga bisa diterapkan oleh adik-adik dan menjadi bekal softskill yang berguna dikemudian hari. Dan terima kasih kepada kakak-kakak Mahasiwa dari UNISRI yang telah meluangkan waktu membekali adik-adik. Semangaaat Membersamai, Teman-Teman..

Barakallahfiikum ...

0 Komentar