Let’s Face Our Overthink About The Future: Percayalah, kamu akan baik-baik saja.

 

 Apa itu Overthinking?

Overthinking merupakan hal yang sia-sia dan tidak perlu karena dalam beberapa hal, overthinking lebih mengarah pada hal-hal buruk. Individu yang mengalami overthinking dapat diibaratkan seperti orang yang mendorong meja yang terhalang dinding.

Tanda-Tanda Overthinking :

  1. Cenderung sulit fokus
  2. Sering merasa khawatir dan cemas
  3. Memikirkan hal-hal yang sudah terjadi
  4. Sering memikirkan hal buruk

Overthinking Berupa apa saja?

Overthinking atau banyak berfikir ini banyak sekali konteksnya, pada remaja biasanya disebabkan karena mencemaskan masa depan seperti pendidikan. Remaja cenderung cemas dengan masa depannya dan khawatir apabila tidak menjadi seperti apa yang diinginkannya.

 Dengan terlalu banyak berfikir yang tidak-tidak bisa membuat konsentrasi terpecah, sehingga aktivitas yang sebenarnya bisa kita lakukan dedngan baik menjadi salah kaprah.

 Sebenarnya, banyak hal yang bisa kita kendalikan tapi tidak menutup kemungkinan beberapa resiko yang tidak bisa dikendalikan akan hadir tanpa memandang seberapa bagus kita itu telah mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya.

 Bagaimana jika aku gagal?

Kegagalan itu merupakan hal wajar apabila kita sedang ingin meraih sesuatu hal. Karena dengan kegagalan ini bisa menjadikan pengalaman di masa mendatang agar kita bisa melakukan yang lebih baik lagi.

 Overthinking jika dilakukan terus menerus dapat mengakibatkan stres dan jika berlanjut stress dapat berubah menjadi depresi.

 Lalu bagaimana cara menghadapi perasaan-perasaan negatif tersebut?

  1. Lakukan aktivitas yang kamu nikmati atau sukai.
  2. Tetapkan tujuan yang dapat dicapai
  3. Hargai semua usaha dan upayamu

Kapan harus menghubungi profesional untuk bantuan?

Kalau kamu sudah merasakan beberapa tanda diatas atau jika kamu berfikir akan dirimu atau berfikir untuk melukai dirimu, SEGERALAH meminta pertolongan profesional seperti psikolog atau psikiater.

 Apa manfaat jika tidak overthinking?

  1. Kemampuan pengambilan keputusan yang baik.
  2. Menjaga kesehatan jiwa dan tubuh kita.
  3. Meningkatkan kemampuan konsentrasi
  4. Terhindar dari pikiran negatif, pesimis.

Gimana sih cara menghindari Overthinking?

Kita dapat menghindari ovethinking dengan menerapkan prinsip Stolkisme

Prinsip Stolkisme mengajarkan bahwa manusia tidak bisa mengontrol segala hal di dunia ini, tetapi manusia bisa mengontrol diri sendiri dan cara merespond segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya.

Apa saja caranya?

  1. Fokus pada hal yang bisa dikendalikan pada saat ini.
  2. Carilah dukungan sosial
  3. Buatlah rencana tindakan

 Yuk berani bermimpi!

Kita yang berani bermimpi adalah orang yang luar biasa karena menemukan keberanian dan disiplin untuk mewujudkannya.

 Orang yang memiliki mimpi akan membayangkan dirinya meraih visinya. Ia kemudian menyusun rencana dan hidupnya cenderung bergerak ke arah impiannya. Akhirnya, ia membuatkan hasil bagi kebahagiannya.

 Kegagalan-Kegagalan dan hambatan pastinya akan kita alami dalam belajar dan berkembang, tetapi kita punya semangat yang tak kunjung padam sampai tujuan tercapai.

 Jadi, apakah kamu siap untuk bermimpi?

0 Komentar